RESUME CUBIT PERDANA

Pembicara : Ukhti Meilani Tri Cahyani
Tema : Let’s Hijrah be Istiqomah
Hijrah yang sebenarnya itu bagaimana sih?
Apakah kita sudah istiqomah?
Hijrah itu suatu proses perubahan menjadi yang lebih baik. Bukan hanya sekedar penampilan saja yang berubah tetapi pikiran dan hati kita juga harus berubah menjadi lebih baik. Tentu semua itu butuh proses dan di dunia ini tidak ada orang yang paling sempurna. Menjaga hak Allah itu dengan cara melakukan apa yang diperintahkannya. Hijrah menurut Ibnul Qayyim terbagi menjadi dua yaitu :
1. Hijrah dengan hati menuju Allah dan Rasulnya.
2. Hijrah badan dari negeri kafir menuju negeri isalam.
Saat kita berniat untuk berhijrah, luruskan niat semata-mata hanya untuk Allah SWT. Jangan bersedih jika kita diasingkan oleh orang disekitar kita. Hal itu merupakan salah satu cobaan kita agar kita tetap istiqomah. Selain itu kita juga harus memiliki empat hal saat memutuskan untuk berhijrah :
1. Berkorban
2. Bersandar kepada Allah
3. Harus berani terus belajar
4. Harus berani merendahkan diri
Saat kita berhijrah memang untuk Allah dan rasulnya, maka kita akan kembali ke Allah dan rasulnya juga. Kiat-kiat agar Istiqomah :
a. Berniat ikhlas ketika hijrah
b. Segera mencari lingkungan yang baik dan sahabat yang sholihah
Seperti yang telah dijelaskan pada surah at-taubah:115
“Dan Allah sekali-kali tidak akan menyesatkan suatu kaum, sesudah Allah memberi petunjuk kepada mereka sehingga dijelaskan-Nya kepada mereka apa yang harus mereka jauhi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
c. Menguatkan pondasi dasar tauhid dan akidah yang kuat dengan mengilmu dan memahami makna syahadat dengan baik dan benar. Syahadat adalah pondasi beribadah yang harus dijalankan dengan baik, ingat bahwa Allah SWT telah memberi nikmat dan mengawasi kita.
d. Mempelajari al-Quran dan mengamalkannya.
Karena al-Quran sebagai petunjuk dan cahaya yang mengantarmu ke jalan yang benar. Istiqomah dengan al-Quran maka akan sampai ke jalan Allah.
e. Berusaha tetap beramal walaupun sedikit.
f. Jangan pernah tinggalkan menuntut ilmu dan berkeinginan keras untuk mengamalkannya. Beramal yang paling baik itu yang kontinu bukan hanya kapasitasnya.
g. Sering berdoa dan memohon keistiqomahan dan keikhlasan.

haska

Himpunan Aktivitas Kajian Agama Jamaah Musholla Al-Furqon
Sie Kerohanian Islam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta

More Posts

Follow Me:
Facebook

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

8 + 2 =


96 − = 92