Reportase Sedakep dan Amal Jariyah HASKA JMF 2015

IMG-20150417-WA0001
IMG-20150418-WA0000
IMG-20150418-WA0003IMG-20150418-WA0004IMG-20150418-WA0005IMG-20150418-WA0006IMG-20150418-WA0011Bismillah
Sobat, pada tanggal 17 dan 18 April 2015, Pengurus HASKA JMF 2015 mengadakan agenda yang sangat keren yaitu MABIT. MABIT kali ini dikenal sebagai SEDAKEP Bebarengan (Sepeda Dakwah Keliling Pedesaan) khususnya untuk ikhwan di daerah Iringsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman dan untuk Akhwat Amal Jariyah (Agenda Bermalam Jalasah Ruhiyah Akhwat) di IEC UNY.
Start Sedakep ini dimulai sekitar pukul 17.15 di parkir IEC dengan melewati Gang Guru, Mrican, Seturan dan beberapa padukuhan sampailah juga di Iringsari, Maguwoharjo atau tepatnya di tempat tinggal Mas’ul HASKA JMF 2015, Hary Wibowo. Jalur yang dilalui oleh para Sedakeps tak kalah menarik karena ada beberapa jalan yang naik turun juga penerangan yang sangat minim khususnya pas melewati persawahan dan jalan yang sempit sehingga dibutuhkan kehati-hatian.
Setelah sampai ditujuan para Sedakeps beristirahat sebentar dan Sholat Isya berjamaah di masjid terdekat. Dan dilanjutkan tilawah dan makan bersama juga kajian yang diisi oleh Mas Faizin salah satu pengurus Haska periode 2008 dan 2009. Pukul 3 pagi para Sedakeps dibangunkan untuk Sholat Tahajud berjamaah di masjid dan dilanjutkan Sholat Subuh.
Setelah Sholat Subuh para Sedakeps bersiap-siap untuk check out dengan mengemasi barang-barang yang dibawa. Dan inilah waktu yang ditunggu-tunggu karena akan mengunjungi beberapa tempat eksotik yang tak kalah keren dari yang lain.
Trip #1 dimulai dengan mengunjungi Candi Sambisari di Desa Sambisari kec. Kalasan, Sleman lokasinya tak jauh dari tempat menginap Sedakeps. Penemuan candi ini diketemukan oleh petani yag sedang menggarap sawahnya diperkirakan masih banyak candi yang tertimbun tanah yang sudah menjadi perumahan.
Trip #2 mengunjungi Tambak Boyo atau bendungan di Maguwoharjo lokasinya tak jauh dari Stadion Maguwoharjo, Sleman. Disini selain menjadi ojek wisata juga digunakan sebagai tempat olahraga masyarakat namun sayangnya dibeberapa titik bendungan ada beberapa sampah yang menumpuk sehingga terlihat kurang bersih.
Trip #3 mengunjungi Masjid Jami Baiturrahim di Sopalan Maguwoharjo. Di masjid ini para Sedakeps tak lupa menjalankan Sholat Dhuha. Disamping masjid terdapat sungai yang cukup bersih dan di atasnya terdapat jembatan kecil sehingga menambah suasana yang nyaman jika berada di masjid ini.
Trip #4 setelah melewati beberapa tempat para Sedakeps sudah mulai lelah sehingga diputuskan untuk makan dan beristirahat dahulu. Setelah makan dan beristirahat maka dilanjutkan kembali perjalanannya.
Trip #5 adalah penutupan, dengan main-main air di sungai yang cukup bersih. Di tepi sungai terdapat tebing dengan dihiasi tumbuhan yang bermacam-macam dengan bunga-bunganya. Lokasinya di bawah sekitar jembatan kecil saat mau berangkat dan pulang. Setelah puas bermain-main maka dilanjutkan penutupan oleh Sekjen Haska JMF 2015 dan doa oleh Mas’ul Haska JMF 2015. Selanjutnya para Sedakeps pergi kembali ke kampus dan tempat tinggal masing-masing.
Red: R. Putih

haska

Himpunan Aktivitas Kajian Agama Jamaah Musholla Al-Furqon Sie Kerohanian Islam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta

More Posts

Follow Me:
Facebook

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

9 + 2 =


− 2 = 3